Kamis, 20 Juni 2013


Jogja adalah kota pelajar, yang banyak menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Hal ini dapat diliat dari banyaknya wisata di jogja, peninggalan yang mengandung sejarah,  jajanan dan lainnya. Banyak hal yang kamu temui di Jojga daripada di kota lainnya. Ada kesan tersendiri, ya seperti itu bahasanya :D. Untuk biaya hidup di Jogja relatif murah kok. Dari segi penginapan, kamu bisa dapet penginapan yang super murah, dengan harga Rp 50.000/malam! Wow! murah banget. Cocok buat kamu yang pengen liburan, tapi kanker alias kantong kering :D. Buat kamu yang suka backpackeran nih, ini bisa dijadikan referensi kamu. Kalo kamu backpackeran, kayaknya kamu perlu yang satu ini deh, yaitu motor. Menurutku lebih nyaman sewa motor sih, daripada naek angkutan umum. Kan kalo pake motor bisa bebas mau kemana aja, tinggal tancap gas udah, gak ribet seperti naik angkutan. Untuk sewa motor ini, relatif murah kok, yaitu Rp 50.000/hari alias 24 jam!! Nah.. murah bukan?? Ada alternatif lain, bisa pake travel wisata. Lumayan tuh kalo backpackerannya rame-rame. Kurang lebih harganya sekitar 200-500 ribuan. Travel wisata biasanya menyediakan beberapa tempat wisata yang bisa kamu pilih. Udah cukup informasi tentang beberapa tips backpacker ke Jogja, sekarang kita liat, sebenernya di Jogja ada apa aja sih??

1. Malioboro


Yang suka travelling pasti udah gak asing lagi mendengar kata "Malioboro", surga berbelanja di Jogja :D. Disini kamu bisa mencari pernak-pernik atau oleh-oleh dari Jogja. Semuaya terdapat disini, dan kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang super duper murah! Asal bisa nawar aja, hehe. 

2. Borobudur


Candi borobudur, mahakarya terbaik yang pernah menjadi 7 keajaiban dunia, bangunan candi Budha yang begitu megah, tempat favorit dan tujuan utama wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara, foto dan keahlian fotografi anda akan tertantang di candi yang dibangun pada abad 8 dan 9 pada masa pemerintahan wangsa syailendra yang miliki bangunan yang begitu istimewa dan begitu dikenal oleh wisatawan asing dan bangsa- bangsa didunia dengan bangunan enam teras berbentuk bujur sangkar diatasnya terdapat 3 pelataran melingkar, Dinding dihiasi dengan relief sebanyak 2672 panel dan sebanyak 502 Arca Budha. Stupa utama terletak di tengah tengah dan merupakan yang terbesar, dikelilingi 72 stupa berlubang yang didalamnya ada arca Budha yang tengah duduk bersila. Melihat dari sejarahnya, tentu ini dapat dimasukkan ke dalam list wisata yang perlu kamu kunjungi bukan? :) 

3. Pasar Beringharjo



Beda dari malioboro, dipasar ini kamu dapat membeli batik dengan kualitas yang baik serta dengan harga yang murah. Banyak terdapat bermacam-macam batik di pasar ini, mulai dari batik pekalongan, batik Solo serta batik Yogyakarta sendiri dan batik-batik tersebut telah tersedia dalam bentuk baju, sarung, pakaian anak-anak, baju cewek ataupun yang masih berupa kain. Tak heran banyak wisatawan lokal dan wisatawan asing banyak mengunjungi pasar ini.


4. Keraton Jojga



Keraton Yogyakarta atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Di tempat ini Anda bisa menemukan museum hidup kebudayaan Jawa, dimana di sini para wisatawan dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya Jawa terus hidup dan dilestarikan.
Berbagai hal yang dapat Anda temukan di Keraton Yogyakarta adalah mulai dari aktivitas abdi dalem yang sedang bertugas. Selain itu kamu juga dapat melihat koleksi barang-barang milik kraton yang telah disimpan dalam kotak kaca, dan tersebar di berbagai ruangan, mulai dari barang-barang keramik, barang pecah belah, senjata, foto, miniatur atau replika, hingga aneka jenis batik beserta deorama proses pembuatannya. 
Bukan cuma itu, tetapi para wisatawan juga dapat menikmati pertunjukan seni dengan jadwal berbeda-beda setiap harinya. Pertunjukan tersebut mulai dari wayang orang, macapat, wayang golek, wayang kulit, dan tari-tarian.

5. Candi Prambanan



Candi Prambanan termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, dan merupakan candi Hindu yang terbesar di Indonesia, dan juga merupakan salah satu candi yang terindah di Asia Tenggara. Arsitektur dari bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping seperti arsitektur Hindu pada umumnya. Candi Siwa merupakan candi utama yang memiliki ketinggian mencapai 47 meter yang menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi yang termegah di Asia Tenggara, Candi Prambanan menjadi daya tarik dari wisatawan dari seluruh dunia.

6. Pantai Parangtritis


Pantai ini terletak 27 km selatan Kota Jogja dan sangat mudah untuk dicapai dengan menggunakan trasportasi umum dan juga kendaraan pribadi. Disini kamu dapat menikmati pemandangan matahari sore menjelang terbenam, selain itu kamu bisa juga dapat menaiki Tebing Gembirawati yang terdapat di belakang pantai ini. Dari atas tebing kamu bisa menikmati pemandangan seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala :)

0 komentar

© 2013 "Embek Jantan" blognya kambing :D is designed by Templateify , Your Link Here